1.04.2009

Kasianilah Mereka, opini tentang peraturan dimajukannya waktu masuk sekolah

Pasti sudah kita ketahui bahwa mulai tanggal 05 Desember 2009, anak-anak sekolah negeri, khususnya di Jakarta akan mengalami sedikit perubahan yang bisa dibilang akan membuat bahan pembicaraan mereka di hari pertama sekolah, dan itu adalah jam masuk sekolah yang dipercepat setengah jam. kita tahu bahwa, biasanya mereka masuk pada pukul 07:00, dan apabila diberlakukan peraturan tersebut, maka mereka akan merubah jadwal mereka menjadi pukul 06:30.

Diperketatnya waktu masuk tersebut, seperti yang telah ditetapkan oleh Bapak Kepala Bagian Pendidikan untuk Daerah Jakarta, menyatakan bahwa, alasan untuk ini ialah untuk mengurangi macet yang ada di sering di kota yang tidak pernah tidur ini. Tapi, apabila kita pikirkan kembali, dengan jam yang tidak dirubah saja, anak-anak murid ini masih terlambat untuk masuk, apalagi dipercepat. Ini juga merujuk pada murid yang tinggalnya jauh dari sekolah mereka, dan bayangkan saja beberapa dari mereka harus bangun puku 03:30 untuk bisa mengejar masuk pukul 07:00, bagaimana kalau dimajukan, sulit untuk dibayangkan.

Masalah kemacetan memang sulit dijadikan alasan lagi, mengingat bahwa angka penduduk di kota ini meningkat tiap tahunnya, dan sebagai ibukota dari negara Indonesia, hal ini menjadi terlalu klasik untuk dipropagandakan. Memajukan waktu masuk sekolah, hanya menambah tingkat kemacetan yang biasanya terjadi lebih lambat, karena sekarang yang biasanya terjadi pada pukul 06:15, sekarang menjadi pukul 05:45, dan angka kemacetan akan bertambah pula.

Peraturan memang dibuat untuk dipatuhi oleh semua orang, tapi menghimbau hal-hal diatas, manjadikannya suatu landasan untuk sesuatu yang akan memberikan efek besar pada publik. Tidak ada salahnya tentunya, untuk memberlakukan ini, karena dibalik semua itu, kita masih bisa mengambil hikmah untuk menjadi lebih tepat waktu.

No comments: